Pilih mana, bumbu instan bubuk atau pasta? | SHUTTERSTOCK

Bumbu Instan Basah Vs Bumbu Instan Kering, Pilih Yang Mana?

author
Marti
Rabu, 8 April 2020 | 18:04 WIB

 

Sama-sama praktis, bumbu insan basah dan bumbu instan kering jadi pilihan hari-hari belakangan ini. Sebaiknya pilih yang mana, sih?

 

Bumbu instan jadi incaran karena kepraktisannya. Membantu banget kalau kamu baru belajar memasak. Apalagi kalau harus membagi waktu #dirumahaja untuk kerja dari rumah seperti sekarang.

Bumbu instan buat berbagai masakan khas Indonesia banyak tersedia. Ada yang bentuknya pasta (basah), ada juga yang bubuk (kering). Sebut aja bumbu-bumbu untuk masakan ayam goreng, rawon, sayur sop, nasi goreng, sayur lodeh, gulai, dan masih banyak lagi.

Bingung pilih yang mana, antara bumbu basah atau kering? Simak ciri khas masing-masing bumbu sebelum memutuskan!

 

Bumbu Instan Basah

Bumbu instan pasta atau basah bisa dalam bentuk sachet atau botolan. | SHUTTERSTOCK

1. Dibuat dari aneka bumbu segar yang dilumatkan lalu ditambah dengan minyak. Bumbu kemudian digoreng untuk dimatangkan, barulah dikemas.

2. Kalau bumbu basah yang kita beli di pasar cuma bisa bertahan beberapa hari saja karena tanpa pengawet. Nah, untuk versi bumbu instan basah kemasan yang dijual di supermarket, pastinya sudah ditambah pengawet. Nah, pengawet ini menghilangkan sebagian rasa dan aroma bumbu aslinya.

3. Karena alasan di atas, maka bumbu pasta kemasan kualitasnya masih di bawah bumbu yang segar. Ini berlaku untuk rasa maupun aromanya. Ada beberapa bumbu pasta instan yang menginstruksikan untuk menambah bumbu yang aromatik seperti daun serai, daun salam dan daun jeruk.

4. Selama kemasan belum dibuka, bumbu bisa bertahan selama berbulan-bulan. Setelah dibuka dari kemasannya, bumbu pasta instan yang tidak habis harus masuk lemari es. Dan hanya bisa dipakai dalam waktu 1-2 minggu saja.

 

Bumbu Instan Kering

Bumbu kari, salah satu bumbu instan bubuk yang banyak beredar di pasaran. | SHUTTERSTOCK

1. Proses membuat bumbu instan kering melibatkan pengeringan aneka bumbu sebelum kemudian dihancurkan untuk menjadi bubuk.

2. Pengeringan ini saja sudah mengurangi rasa dan aroma bumbu. Apalagi ketika ditambahkan pengawet, maka lebih banyak lagi yang hilang.

3. Jadi kalau rasa dan aroma jadi pertimbangan, maka bumbu instan bubuk kualitasnya masih di bawah bumbu instan pasta.

4. Bumbu instan bubuk tahan lebih lama dari bumbu instan pasta, baik kemasan belum dibuka mauapun sudah dibuka. Jadi kalau ingin ada stok bumbu yang selalu ada dan siap pakai di lemari, silakan beli bumbu instan bubuk ini.

 

Nah, sudah tahu kelebihan dan kekurangan bumbu instan pasta dan bubuk, kan? Yuk, pilih sesuai selera dan kebutuhan!

 

 

Simak juga:

Cara Menyimpan Bumbu Dapur, Di Dalam Atau Luar Kulkas?

Bumbu dapur, gimana cara simpannya supaya awet? | SHUTTERSTOCK

Biar Praktis Tanpa ART, Yuk Bikin Stok Bumbu Dasar Putih, Merah dan Kuning

Bumbu Dasar Putih Merah Kuning | ROMY PALAR/COOKIN.ID

6 Skill Dasar Memasak Ala Indonesia Buat Kamu Yang Baru Belajar Masak

Sudah bisa masak nasi yang hasilnya enak? | SHUTTERSTOCK