Sudah ada 10 sayuran di capcay ini? | SHUTTERSTOCK

Fakta Capcay, Makanan Pengemis Yang Jadi Favorit Di Amerika

author
Marti
Rabu, 15 April 2020 | 17:35 WIB

 

Masakan khas sayuran ini banyak yang memfavoritkan. Tapi sudah tahu kalau capcay sebenarnya makanan pengemis Canton yang kemudian jadi favorit kulit putih di Amerika?

 

Cap artinya sepuluh, sementara cay (chai) artinya sayuran. Itu kalau mau mengartikan capcay secara harafiah. Salah satu masakan khas China ini termasuk yang banyak penggemarnya di Indonesia. Memang nggak mesti sepuluh jenis sayuran yang dimasak. Lebih dari tiga juga sudah bisa dibilang capcaylah.

Tapi capcay sendiri punya sejarah tersendiri, lho, termasuk kenapa ada 10 sayuran tadi. Dikutip dari tulisan Azmi Abu Bakar, pendiri Museum Pustaka Peranakan Tionghoa di Twitter dan Facebook yang disarikan dari Majalah Liberty terbitan tahun 1941, capcay berawal dari kaum pengemis jaman dulu di Canton, kota yang sekarang dikenal dengan nama Guangzhou.

 

Kumpulan Sayur Sisa

Para pengemis Canton punya kebiasaan meminta makanan dari pintu ke pintu menggunakan mangkuk besar. Sumbangan yang mereka terima adalah berbagai jenis sayuran atau sisa makanan lain yang sangat beragam, sampai-sampai jenisnya bisa sampai 10. Oleh para pengemis, sisa makanan yang kemudian disebut capcay ini kemudian diaduk jadi satu sebelum dimakan.

 

Dibawa Ke Amerika

Dari Canton, capcay langsung melanglang buana ke Amerika. Saat gold rush di San Fransisco di tahun 1840-an, banyak orang China yang jadi imigran untuk berburu emas. Termasuk orang-orang dan ahli masak dari Canton pastinya. Sebagian membuat kedai makan di California.

Imigran asal China yang jadi pendulang emas di California. | americanhistory.si.edu

 

Hubungan Kurang Hangat

Sentimen negatif dari kulit putih terhadap orang China saat itu menciptakan hubungan yang kurang hangat, kalau nggak bisa dibilang buruk. Saat orang-orang kulit putih ini memaksa disediakan makan di kedai makan yang sudah mau tutup, mau nggak mau para pemilik warung menuruti supaya nggak ada keributan.

 

Sisa Makanan Langganan

Yang dilakukan pemilik warung adalah mengumpulkan sisa-sisa makanan dari pelanggan sebelumnya, kemudian memasaknya kembali dengan ditambahkan saus. Si orang-orang kulit putih pun jatuh cinta dengan capcay dan selalu memintanya setiap mampir, tanpa tahu kalau capcay tadi adalah makanan pengemis di negeri asalnya.

Ini jadi bukti, terlepas capcay itu awalnya makanan pengemis, kalau memang enak, rasa memang nggak pernah bohong. Iya, nggak, Cookiners?

 

Mau coba bikin capcay? Coba klik resep di bawah ini.

Resep Capcay Cabai Kering Jamur Enoki

Capcay Cabai Kering Jamur Enoki |

5 Metode Menggoreng Yang Pemasak Pemula Harus Tahu

Stir-frying dengan wajan wok yang khas dalam masakan China. | SHUTTERSTOCK

Bumbu Instan Basah Vs Bumbu Instan Kering, Pilih Yang Mana?

Bumbu kari, salah satu bumbu instan bubuk yang banyak beredar di pasaran. | SHUTTERSTOCK