Wedang Uwuh Ronde | ROMY PALAR/COOKIN.ID

3 Jenis Wedang Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Cicip

author
Marti
Jumat, 22 Mei 2020 | 16:49 WIB

 

Berbahan herbal dan rempah yang kaya manfaat, wedang yang khas Indonesia ini banyak variasinya. Ini 3 jenis wedang yang wajib kamu cicip.

 

Wedang artinya mendidih dalam bahasa Jawa. Sering dipakai untuk menamai minuman yang biasa diseduh air mendidih atau disajikan panas. Nggak cuma suhunya yang panas, biasanya mengandung bahan yang juga menghangatkan badan. Apa aja sih wedang-wedang khas Indonesia yang enak dan wajib kamu coba?

 

1. Wedang Uwuh

Dari sekian banyak minuman tradisional Indonesia, wedang uwuh masuk ke daftar yang paling populer. Warna seduhannya merah keunguan, rasanya nikmat dan menghangatkan badan.

Sebenarnya arti kata ‘uwuh’ sendiri adalah sampah dalam bahasa Jawa. Karena kalau dilihat dari tampilan aslinya terdiri dari campuran: daun, serutan batang kayu, kulit pohon, akar, sampai biji-bijian. Juga karena di dalam wedang uwuh terdapat banyak sekali campuran jenis rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, sereh & cengkeh.

 

Bahan-Bahan Wedang Uwuh | SHUTTERSTOCK

 

Tentunya akan cukup merepotkan meracik sendiri wedang uwuh dengan begitu banyak rempah-rempah yang dibutuhkan. Tapi kini cukup dengan menyeduh Herbadrink Wedang Uwuh.

Herbadrink Wedang Uwuh ini terdiri dari Jahe alami, Kayu Secang yang kaya Antioksidan, membantu meningkatkan imun tubuh dan memberi sentuhan warna merah, Kulit Kayu Manis, Biji Pala, Minyak Sereh & Minyak Cengkeh. Diproduksi tanpa pengawet sehingga khasiatnya tetap terjaga yaitu menghangatkan tubuh sehingga memberikan efek nyaman dan rileks. Berguna juga untuk meredakan masalah pencernaan seperti masuk angin, kembung dan rasa mual.

Ingin bikin wedang uwuh yang beda dari lain? Yuk, gabungkan wedang uwuh dengan ronde. Kamu bisa lihat cara detailnya di bawah ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Berkumpul dengan keluarga paling enak ditemani dengan makanan dan minuman ringan. Suguhkan yang nikmat, praktis dan tentunya sehat untuk tubuh. Untuk minuman ringan, suguhkan wedang uwuh ronde untuk menemani kehangatan bersama keluarga. Wedang uwuh terbuat dari kombinasi rempah-rempah terbaik Indonesia yang menghasilkan rasa unik dan nikmat. Catat bahan dan resepnya, ya! BAHAN: Ronde: 150 gr tepung ketan 80 gr air hangat ½ buah bit, kukus, haluskan Isi: 5 sdm peanut butter 1 bungkus Herbadrink Wedang Uwuh Minuman: 4 bungkus Herbadrink Wedang Uwuh 600 ml air hangat CARA MEMBUAT: 1. Isi: campur peanut butter dengan Herbadrink Wedang Uwuh sampai rata, sisihkan. 2. Ronde: aduk tepung ketan, air hangat, dan bit sampai rata. Bentuk bola-bola, pipihkan, isi dengan adonan isi. Bentuk bola-bola. Rebus hingga terapung. 3. Seduh Herbadrink Wedang Uwuh. Masukkan ronde red velvet ke dalam mangkuk. Tuangkan minumnnya. Sajikan selagi panas. Cookin dan Herbadrink ajak kamu untuk ikutan Recipe Challenge #RamadanAlamiHerbadrink mulai tanggal 4 Mei - 14 Juni 2020. Yuk, tunjukin kreasi resepmu yang unik dan dapetin hadiah voucher belanja total jutaan rupiah! Info lebih lanjut lihat di @herbadrink #cookinid #herbadrink #RamadanAlamiHerbadrink #recipechallenge #cookingathome #cookingrecipe #anyonecancook #foodgram #foodies #instafood #goodfood #herbal #ramadan

A post shared by Cookin.Id (@cookin.id) on

 

Perhatikan warna pink kemerahan khas wedang uwuh. Kalau di-twist dengan tambahan ronde berwarna senada, si wedang uwuh pun seketika layak jadi minuman ala kafe. Belum lagi ronde lembut dengan isian peanut butter yang memanjakan lidah. Jadi bikin bahagia seketika, nih!

 

2. Wedang Jahe

Wedang jahe ini pada dasarnya adalah minuman jahe yang dikonsumsi dalam keadaan panas. Kamu juga bisa gunakan Herbadrink sari Jahe yang sudah dikemas praktis dan higienes sehingga langsung bisa diseduh tanpa ada endapan.

Herbadrink Sari Jahe dibuat dari rempah jahe alami berkualitas, diproduksi dengan teknologi tinggi sehingga menjaga kestabilan rasa Jahe yang hangat dan pedas khasnya terasa pas dalam setiap kemasannya.

Caranya, cukup seduh Herbadrink Sari Jahe dengan air panas. Bila ingin divariasikan, bisa dimasukkan bahan tambahan seperti daun serai, lemon sesuai selera.

Wedang jahe yang seketika menghangatkan badan. | SHUTTERSTOCK

 

3. Wedang Beras Kencur

Ini dia wedang yang nggak kalah khasiatnya untuk tubuh. Beras kencur punya kemampuan menyegarkan tubuh. Kalau kamu capek karena aktivitas seharian, coba deh minum wedang beras kencur, langsung segar lagi esok harinya.

Herbadrink Beras Kencur dibuat dari bahan-bahan alami pilihan yang berkualitas, tanpa bahan pengawet dan diolah dengan teknologi modern sehingga menjamin formula yang konsisten, terjaga higienitasnya dan tanpa ampas.

Membuatnya sangat praktis dan mudah, cukup seduh Herbadrink Beras Kencur dengan air panas, siap diminum, nikmat dan segar.

Badan capek jadi segar lagi dengan wedang beras kencur. | SHUTTERSTOCK

 

Tertarik untuk bikin kreasi dari minuman tradisional Indonesia? Cookinid dan Herbadrink mengajak kamu untuk ikutan Recipe Challenge #RamadanAlamiHerbadrink mulai tanggal 4 Mei - 14 Juni 2020. Tunjukin kreasi resepmu yang unik dan dapetin hadiah voucher belanja total jutaan rupiah! Info lebih lanjut lihat di @herbadrink dan @cookin.id.

Rugi, nih, kalau nggak ikutan, Cookiners!

 

 

Simak juga:

Dalgona Temulawak, Cara Kekinian Dapetin Khasiat Temulawak

Dalgona Temulawak | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Minuman Jahe, Kapan Pun dan Dalam Suasana Apa pun, Sama Nikmatnya

Sari Jahe Kolang-Kaling | ROMY PALAR/COOKIN.ID