Wagyu asli Jepang kini ada di Indonesia, siap cicip? | dok. istimewa

Yuk, Cicipi Wagyu Jepang Yang Asli Di Indonesia!

author
Marti
Senin, 22 Maret 2021 | 11:11 WIB

 

Masih bisa belum bisa liburan ke Jepang? Tidak berarti harus menunda untuk makan daging sapi wagyu khas Jepang yang sangat terkenal itu. Yuk, datang ke 3 brand restoran ini!

Saat jalan-jalan ke Jepang, wisata kulinernya pasti sudah jadi bagian dari penting yang tidak boleh dilewatkan. Terutama daging wagyu Jepang yang sangat khas, ditandai dengan rasa yang lezat dengan tekstur yang lembut.

Nah, saat kita tidak bisa datang langsung ke Jepang karena pembatasan saat pandemi ini, maka tidak tanggung-tanggung, daging wagyu khas Jepang sendiri yang mendatangi kita di Indonesia.

Pemerintah Jepang mempersembahkan langsung wagyu Jepang ke Indonesia. Baik untuk dinikmati oleh kita yang rindu dengan daging wagyu Jepang atau pun kita yang masih belum berkesempatan untuk mencicipi daging wagyu yang sangat terkenal ini.

 

Bagaimana Caranya Mencicipi Wagyu Jepang di Indonesia?

Gampang saja. Mulai 25 Maret nanti, daging wagyu khas Jepang ini akan hadir di 3 restoran di Indonesia dengan penawaran promosi yang sangat menggoda. Resto tersebut adalah Shaburi, Kintan Buffet dan Yakiniku Like.

Di Shaburi dan Kintan Buffet, untuk pemesanan menu ke-2 All You Can Eat atau lebih, akan mendapatkan 1 plate Japanese Wagyu secara gratis per orang. Sementara di Yakiniku Like, kita hanya perlu membayar Japanese Wagyu set menu sebanyak 100 gram daging dengan harga Rp88 ribu saja dari harga normal Rp500 ribu. Paket ini sudah termasuk sup miso, nasi dan kimchi atau salad.

Penawaran super istimewa ini tersedia di Shaburi & Kintan Buffen Pacific Place. Shaburi dan Kintan Buffe Senayan City, Yakiniku Like Grand Indonesia, Yakiniku Like Lippo Puri Mall dan Yakiniku Like Mall of Indonesia. Catat tanggal mainnya, Cookiners, mulai Kamis, 25 Maret 2021, sampai persediaan daging wagyu habis.

Harga dan kualitas yang spesial dari daging wagyu Jepang ini adalah bagian dari keinginan pemerintah Jepang untuk mengembangkan budaya makanan Jepang di Indonesia.

 

Apa Istimewanya Daging Wagyu Jepang?

Kata wagyu sendiri berasal dari kata ‘wa’ yang berarti Jepang dan ‘gyu’ yang artinya sapi. Jadi, sapi wagyu adalah sapi yang benar-benar dilahirkan dan dibudidayakan di Jepang. Ini untuk membedakan dari daging wagyu yang dibudidayakan di luar Jepang seperti di Australia atau Selandia Baru.

Istimewanya daging wagyu Jepang ditandai oleh teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih berkat sebaran lemaknya yang lebih merata, dikenal dengan istilah ‘sashi’ atau bunga es.

Sashi alias bunga es pada wagyu Jepang. | dok. istimewa

 

Yang membuat penawaran daging wagyu di tiga resto di atas tidak boleh dilewatkan, daging wagyu Jepang masih sangat langka di Indonesia karena harganya yang relatif mahal. Jadi, kita tidak hanya untung dari segi harga dan kualitas, tapi juga pengalaman menyantap daging wagyu Jepang yang sudah tersohor itu.

Di Jepang sendiri, ada 200 brand daging wagyu yang beredar di pasaran, dengan nama biasanya disesuaikan dengan asal atau lokasi budidaya sapi wagyunya. Untuk promosi daging wagyu di atas, yang digunakan adalah wagyu yang berasal dari Tokushima, yang juga lebih dikenal sebagai Awa gyu.

 

Pengalaman ‘Tasting’ Yang Berkesan

Penulis sempat mencicipi lezatnya Awa gyu saat sesi ‘tasting’ di Shaburi dan Kintan Buffet Pacific Place sekitar pertengahan Maret lalu. Cukup beberapa detik saja lembaran daging wagyu dicelupkan ke dalam kuah shabu-shabu, lalu angkat. Terasa sangat lembut dan tasty saat disantap, berpadu pas dengan kuah yang bisa kita pilih dari 4 varian yang ada (penulis memilih kuah yang sedikit spicy).

Sesi ‘tasting’ kemudian dilanjutkan dengan daging wagyu yang di-grill. Dengan pemanggang tanpa asap di Shaburi dan Kintan Buffet, pengalaman memasak sendiri daging wagyu jadi lebih mudah. Kurang dari dua menit dipanggang, daging wagyu pun sudah berpindah ke piring saji.

Jangan ketinggalan menikmati lezatnya wagyu asli Jepang di Indonesia! | dok. istimewa

Begitu menyentuh lidah, daging wagyu seperti meleleh saking lembutnya. Rasanya yang juicy juga sangat berkesan, terus melekat dalam ingatan bahkan setelah daging sudah tersantap tanpa sisa. Melontarkan penulis ke memori saat menyantap daging wagyu super mahal namun juga sangat lezat di Osaka beberapa tahun lalu. Sejujurnya, makan daging wagyu selezat ini jadi satu dari sekian kebahagiaan kecil yang semakin dibutuhkan kehadirannya belakangan ini.

Jadi, makin jelas kan kalau kehadiran wagyu di Indonesia lewat promo di Shaburi dan Kintan Buffet dan Yakiniku Like akan sayang kalau dilewatkan. Catat tanggal mainnya, Cookiners, mulai 25 Maret nanti, selama persediaan wagyu masih ada!

 

Baca juga:

Cerita Unik di Balik Nasi Yang Kamu Belum Tahu

Sudah bisa masak nasi yang hasilnya enak? | SHUTTERSTOCK

Topi Koki Bukan Sekedar Pelindung Rambut

chef hat | Shutterstock