Jenis-jenis Keju | Shutterstock

Keju Paling Terkenal di Dunia

author
Semy
Senin, 12 Juli 2021 | 12:57 WIB

Ada ratusan bahkan ribuan keju di dunia ini. Tetapi tidak semua jenis disukai banyak orang. Dari sekian banyak itu, paling-paling haya 30 macam yang bisa diterima lidah segala bangsa. Nah, inilah di antaranya.

 

1. Mozzarella

Keju ini menduduki peringkat pertama. Asalnya dari Italia selatan, dibuat dari susu kerbau. Biasanya karena elastis ketika terkena panas, orang menggunakannya sebagai topping. Entah itu topping pizza atau pasta. 

2. Keju Parmesan

Pamigiano reggiano, begitulah orang Italia menyebutnya. Keju ini disebut-sebut sebagai keju terbaik karena teksturnya padat, rasanya kuat, bahkan agak pahit. Karena itu seringkali hanya disjadikan taburan. 

3. Keju cheddar

Keju peringkat ketiga ini memang disukai di mana-mana. Bahkan di Indonesia, kalau disebut kata keju, yang dimaksud adalah keju cheddar, bukan?

4. Gouda

Sangat terkenal di seluruh dunia. Keju asal Belanda ini punya rasa keju yang kuat, tetapi sedikit manis. Dibuat dari susu sapi. Biasa dimakan saat masih muda (untuk dicairkan), juga saat tua (diparut).

5. Swiss Cheese

Ada yang berlubang, ada juga yang tidak. Rasanya ringan. Biasa ditambahkan di dalam pai, omelet, atau steak. 

6. Emmental

Keju ini mirp Keju Swis. Seringnya digunakan untuk isi chicken cordon bleu.  Atau dijadikan saus fondu.

7. Brie

Kita sering mendengarnya bukan, tetapi bukan berarti suka dengan keju dari susu sapi ini. Keju dari Prancis ini punya rasa aneh karena ada aroma kacang, buah, bahkan juga jamur. Selain sebagi pendamping daging, keju brie juga sering dioleskan di atas roti. 

8. Camembert

Lebih tajam dari brie, tetapi pemanfaatannya boleh dibilang sama.

9. Keju Gruyre

Keju Perancis ini sering dibaut saus karena mudah meleleh. Itu sebabnya para chef senang menggunakannya untuk masakan yang dipanggang. Tetapi sering juga diparut untuk taburan pasta. 

10. Feta

Feta adalah keju Yunani yang dibuat dengan susu domba dan kambing. Teksturnya rapuh, cocok di dalam salad dan sayuran panggang, atau sandwich dan taco. 

11. Edam

Kalau di Indonesia edam sangat terkenal, di negara lain keju Belanda ini bukan keju nomor 1. Keju terbungkus lilin ini buat kita sangat tajam rasanya sehingga hanya dibuat kue kering. Tetapi di luar negeri, edam juga sering dijadikan saus. Sup, atau pasta.

 

 

 

Simak juga:

Mau #SeruDiDapur? Nggak Salah Kalau Bikin Kulit Ayam Saus Keju Sambal Matah Ini

Spesial! Tamago Crabstick Keju Lebih Nikmat Dan Beda Dari Yang Lain

Risoles Keju Isi Makaroni Ini Enaknya Susah Ditandingi