Salah Kaprah Kandungan Vit C | Shutterstock

Salah Kaprah Kandungan Vitamin C

author
Semy
Jumat, 23 Juli 2021 | 08:00 WIB

Pakprika ternyata mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk

Selama ini kita selalu menghubungkan jeruk dengan Vitamin C. Mau ngasup banyak Vitamin C, ya, minum jus jeruk. Wah, salah kaprah ternyata. Di dalam jeruk hanya terkandung 70 miligram Vitamin C. Banyak bahan makanan lain yang kandungan Vitamin C nya lebih tinggi dari itu. Mau tahu apa saja? Yuk, simak. 

 

1. Paprika Merah

Satu cup paprika merah cincang mengandung vitamin C hampir tiga kali lebih banyak daripada jeruk, yakni 190 mg. Di dalam paprika merah juga ada cukup banyak Vitamin A. 

2. Paprika Hijau

Sama dengan saudaranya si paprika merah, paprika hijau juga punya kandungan Vitamin C yang cukup tinggi walau tak setinggi paprika merah. Kandungan Vitamin C paprika hijau adalah 120 miligram. 

3. Kale

100 gr kale mengandung 80 mg Vitamin C. Jika ingin memenuhi kebutuhan Vitamin C harian, kamu tinggal membuat salad dari 120 gr kale. Ingat, jangan dimasak, ya. Setelah dimasak, kandungan Vitamin C pada kale jadi 50 mg saja per 100 gr kale. Kale juga mengundung Vitamin K plus asam lemak dan mineral yang pantas diperhitungkan. 

4. Brokoli

Lanjutkan makan brokoli karena di dalam 1 porsi makan brokoli terdapat 130 mg Vitamin C. Ada bonus lain kalau kamu makan sayuran berserat tinggi ini. Salah satunya terhindar dari kanker.

5. Pepaya

Pepaya yang sering dijauhi banyak orang punya 88 mg Vitamin C per sajiannya. Menyantap papaya sertiap hari bagus untuk membersihkan sinus dan tentu juga mencerahkan kulit. 

6. Strawberry

Beruntung kamu yang gemar makan strawberry. Di dalam 1 cup strawberry ada 85 mg Vitamin C. Tambah deh, sedikit, maka kebutuhan Vitamin C harian kamu terpenuhi plus dapat folat dan senyawa lain yang menurut pakar bisa merawat kesehatan jantung kita. Ahli lain bilang, meski warnanya merah merona, dapat memutihkan gigi juga, lo. 

7. Kembang Kol

Kembang kol unik, lo. Sayuran ini putih warnanya, tetapi Vitamin C nya cukup tinggi. Di dalam 1 cup kembang kola da 128 mg Vitamin C. Satu lagi keunikannya, meski golongan sayur, kembang kol mengandung protein.

8. Kubis Brussel

Kol mini ini punya 75 mg Vitamin C. Di samping itu kol mini  sarat fitonutrien dan serat pencegah kanker. Rasa renyahnya bikin salad kita gimana gitu. 

9. Nanas

Mengasup 1 cup nanas berarti memasukkan 79 mg vitamin C ke dalam tubuh kita. Ada bonusnya juga. Enzym bromelinnya bisa dimanfaatkan sebagai anti inflamasi alami. Oke, kan?  

10. Kiwi

Andalkan buah kiwi untuk asupan tinggi Vitamin C. Makan 2 buah saja, kamu sudah dapat Vitamin C lebih dari kebutuhan tubuh karena di dalam 2 buah kiwi terkandung 137 mg Vitamin C. 

11. Mangga

Mumpung sedang musim mangga, hayuk beli mangga. Cukup makan seporsi mangga, lo, untuk dapat 122 mg Vitamin C. Jangan lupa makan mangga, otomatis juga dapat Vitamin A. Keduanya bisa menjaga kesehatan mata plus tingkatkan kekebalan tubuh. 

 

 

 

Simak juga:

Berburu Vitamin ke Segala Penjuru, Ternyata Ada di Dapur Kita