Croffle, sedang jadi snack primadona | Shutterstock

10 Rekomendasi Makanan Homemade yang Mudah Dibuat dan Bisa Dijual

author
Ruth Sinambela
Kamis, 16 September 2021 | 11:18 WIB

Setiap hari rasanya ada saja makanan atau minuman baru yang dijual di pasaran. Persaingannya cukup ketat, namun pasarnya juga besar, cookiners. Kalau kamu salah satu orang yang suka makan, hobi memasak, dan punya keinginan untuk memulai bisnis jual makanan, sepuluh rekomendasi makanan homemade ini bisa banget jadi inspirasi. Mudah dibuat dan sangat layak untuk dijual!

 

  1. Puding

Setuju, kan, kalau dessert yang satu ini mudah banget dibuat? Siapa saja pasti bisa, kok. Hal yang dibutuhkan adalah kesabaran, terutama saat harus menunggu satu demi satu lapisan puding  mengeras, sebelum ditambah lapisan lainnya dengan warna atau rasa berbeda, supaya makin menarik dan lezat!

 

  1. Cheese stick

Bahan-bahannya cukup sederhana. Di antaranya,  tepung tapioka, keju, margarin, telur,  dan minyak untuk menggoreng. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat cemilan ini bisa bikin kecanduan! Sekali makan, susah berhentinya.

 Baca juga: Kangen Jajan? Corn Creamy Katsu Ini Bisa Bikin Bahagia Dalam Sekejap

 

  1. Singkong goreng

Kelihatannya, sih, seperti cemilan yang kurang kekinian. Tapi, singkong yang lezat, bisa juga divariasikan supaya makin menarik saat dijual. Misalnya, dengan menambahkan keju parut, atau lelehan keju mozarela di atasnya.

 

  1. Siomay

Membuat adonan siomay bisa dikatakan relatif mudah. Namun yang sering jadi kendala adalah membungkus adonan dengan kulit siomay. Kalau tidak terbiasa, bentuknya jadi kurang cantik. Tapi, dengan latihan, kamu pasti bisa  membuat siomay yang tidak hanya lezat, namun juga bentuknya sempurna.

 Baca juga: Kreasi Siomay Terbaru! Nggak Pakai Ribet

 

  1. Bola kentang isi keju

Campurkan kentang tumbuk dan wortel cincang, mentega, tepung terigu, bawang bombai, susu, dan berbagai bumbu pemberi rasa, bentuk bulat kemudian masukan potongan keju di dalamnya. Balur dengan telur dan tepung roti. Goreng, deh, jika ingin dijual matang atau  goreng setengah matang jika ingin dijual dalam keadaan beku (frozen food).

 

  1. Pisang goreng

Cemilan yang satu ini hampir semua orang bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi  bukan berarti tidak ada ‘pasar’ atau peminat jika kamu ingin menjualnya. Buat pisang goreng jualanmu berbeda dan punya ciri khas  supaya laris manis!

 

  1. Risoles smoke beef mayo

Gurihnya kulit risol berpadu daging asap dan saus mayones yang mewah, wah… Pasti banyak yang menyukainya. Terbukti dengan banyaknya toko online maupun offline yang menjual cemilan satu ini.

 

  1. Donat

Bicara cemilan, jangan lupa si manis yang satu ini. Baik itu donat biasa, atau donat kentang. Donat bolong, atau donat padat yang topingnya ada di tengah, semua orang pasti suka dan akan repeat order, deh, kalau kamu jual.

 

  1. Burger

Nah, kalau yang satu ini bisa disebut cemilan, tapi, bisa juga jadi makanan berat karena cukup mengenyangkan. Hal yang bisa membedakan burger jualanmu dengan merk lain adalah patty atau dagingnya. Perpaduan ukuran, rasa, dan tekstur yang pas adalah kuncinya. Tentu juga saus homemade khas kamu yang tidak dijual di mana pun.

 Baca juga: 8 Snack Favorit Anak Selama Liburan, Yuk Bikin!

 

  1. Croffle

Cemilan yang lagi booming ini tercipta dari perpaduan croissant dan waffle. Konsepnya adalah kamu mencetak adonan croissant di mesin pembuat waffle. Jika ingin menjual makanan ini, pastikan kamu menyuguhkan topping yang unik dan beragam.

 

Setelah membaca rekomendasi makanan homemade yang mudah dibuat ini, pasti jadi makin semangat mengulik resep untuk kemudian dijual, deh!