Variasi olahan oatmeal | Shutterstock

Siapa Bilang Oatmeal Gak Bisa Diolah jadi Makanan Enak? Coba Tips Ini!

author
Ruth Sinambela
Jumat, 24 September 2021 | 08:56 WIB

Cookiners lagi diet? Atau ingin mengubah pola makan jadi lebih sehat? Kalau begitu, kamu berada di artikel yang tepat. 

Oatmeal adalah salah satu jenis makanan sumber karbohidrat sehat yang sudah ada sejak lama dan banyak dipilih orang karena terbukti dapat menurunkan kolesterol – sehingga baik untuk kesehatan jantung, serta tinggi serat dan dapat membuat penikmatnya kenyang lebih lama. 

Oatmeal bisa disajikan sebagai sarapan, pengganti nasi pada makan siang ataupun malam, dan juga cemilan sehat rendah kalori.

 

Kamu mungkin mengetahui cara paling mudah dan umum mengonsumsi oatmeal adalah diseduh dengan susu. Setelah itu, menambah potongan buah juga sering dilakukan banyak orang saat makan oatmeal, khususnya sebagai menu sarapan.

Tapi, mau sampai kapan melakukannya dengan cara yang sama, sih? Lama-lama bisa bosan dan kemungkinan kembali mengonsumsi jenis makanan lama semakin besar. Nah, di sini, kamu akan dibeli dengan lima tips mengolah oatmeal yang bervariasi supaya tidak bosan dan tetap nikmat.

 

1. Overnight oatmeal

Selain rasanya lebih enak setelah dicampur berbagi bahan pelengkap seperti susu, madu, buah kering, dan atau kacang-kacangan, overnight oatmeal juga punya tekstur yang lebih padat namun lembut setelah didiamkan semalaman. Seperti namanya, berarti kamu perlu menyiapkan overnight oatmeal minimal sehari sebelum dikonsumsi. Kamu bisa menyiapkan lebih dari satu porsi saat membuat. Beberapa hari kedepan, sesi sarapanmu jadi lebih praktis deh!

 

2. Oatmeal pancake

Suka ngemil yang manis-manis? Ganti tepung terigu yang biasa kamu pakai untuk membuat kue dengan oatmeal. Menu yang paling mudah tentu saja pancake. Setelahnya, kamu bisa tetap menambahkan sirup maple tau es krim. Kalau mau lebih sehat, potongan buah adalah pilihan toping terbaik!

 

3. Oatmeal smoothies

Selama ini, kamu hanya memakai buah dan sayuran saat membuat smoothies? Step up your smoothies game, Cookiners! Menambahkan oatmeal pada alpukat, pisang, atau buah beri beku bisa bikin smoothies buatanmu makin berenergi. Cocok banget jadi pengisi perut sebelum olahraga pagi.

 

4. Oatmeal pengganti tepung roti

Potong-potong dan bersihkan bahan yang hendak kamu goreng seperti daging ayam, udang, ataupun jamur. Bumbui sesuai resep, dan langkah terakhir yang perlu kamu lakukan sebelum menggoreng adalah melumurinya dengan oatmeal sebagai pengganti tepung roti. Jika mau lebih sehat, ganti teknik menggoreng dengan memanggang.

 

5. Oat bar

Kalau bisa buat sendiri di rumah, untuk apa beli oat bar kemasan di supermarket? Campur oatmeal degan sirup maple atau madu, tambahkan kurma, selai kacang, biji-bijian, atau potongan buah kering – sesuai selera. Bentuk di wadah, dan diamkan sebelum dipotong-potong dan dimakan. Bisa jadi alternatif cemilan manis nih, Cookiners!

 

Tuh kan, ada banyak cara untuk lebih sehat dengan menggunakan oatmeal sebagai bahan utamanya. Selamat mencoba!

 

Simak juga:

5 Fakta Oat Milk, Susu Gandum Yang Makin Populer

Resep Dori Goreng GandumGaya Sarapan 8 Negara

Gaya Sarapan 8 Negara