Tips Udang | SHUTTERSTOCK

Ini Cara Jitu Memilih, Menyimpan dan Memasak Udang

author
Semy
Minggu, 2 Desember 2018 | 18:52 WIB

 

Udang menjadi salah satu seafood favorit banyak orang. Dimasak minimal ataupun dengan banyak bumbu, rasanya tetap sedap. Sebagian orang merasa masak udang itu merepotkan. Tapi tidak perlu resah, ini cara memilih dan memasak udang yang menjamin kamu tidak kerepotan lagi.

 

1. Pilihlah selalu udang yang segar. Udang segar ditandai dengan dagingnya yang kenyal, tidak lembek, tidak berlendir, dan beraroma khas.

 

2. Pilih udang dalam bentuk utuh dari kepala hingga ekor. Udang yang sudah tidak segar, biasanya kepalanya hampir lepas.

 

3. Udah termasuk makanan yang gampang rusak dan tidak bisa disimpan terlalu lama. Sebaiknya, jangan dikupas atau dibuang kulitnya jika ingin disimpan dalam freezer. Kulit menjaga udang tahan dari perubahan suhu yang ekstrem dan membuatnya tetap dalam kondisi baik.

Penyimpanan Udang | SHUTTERSTOCK

 

4. Di lemari es, simpan udang dalam plastik atau wadah kedap udara.

 

5. Jika ingin dimasak, 24 jam sebelumnya pindahkan udang beku ke rak kulkas atau jika ingin dimasak mendadak, letakkan plastik tertutup berisi udang beku ke dalam mangkuk di bak cuci piring dan biarkan di bawah aliran air dingin. Kurang lebih 15 menit kemudian, udang siap diolah.

 

6. Udang beku yang sudah dicairkan, jangan dibekukan dan disimpan lagi dalam freezer karena akan merusak tektur dan kandungan gizinya.

 

7. Perhatikan saat membersihkan udang. Jika ingin tetap memasak udang dengan kepala, buka sedikit bagian antara kepala dan badan agar cairan berwarna kuning hilang terbawa air.

 

8. Bersihkan daerah punggung udang yang berisi ‘benang hitam’. Caranya, gunakan pisau, belah sedikit bagian punggung hingga benang hitam bisa ditarik seluruhnya.

Membersihkan Udang | SHUTTERSTOCK

 

9. Memilih memasak udang dengan cangkangnya atau tidak, tergantung selera. Tidak ada yang salah atau benar soal ini. Namun memasak dengan cangkak membuat rasa dan aromanya lebih kuat dan bertahan.

 

10. Begitu juga ketika menguliti udang hingga habis atau meninggalkan ekornya saja, tergantung dari jenis masakan dan selera kita. Beberapa orang menyebut kulit udang yang kering, sangat renyah dimakan, namun ada sebagian yang enggan memakannya dan memilih untuk membuangnya saat dimasak.

 

11. Bagian kepala, cangkang, dan ekor masih bisa kamu gunakan untuk membuat kaldu. Caranya, setelah dicuci bersih, rebus bagian tadi hingga mengeluarkan cairan berwarna kuning muda. Dinginkan dan simpan di freezer. Kaldu udang bisa kamu gunakan untuk mengganti air saat memasak sup.

Kulit Udang | SHUTTERSTOCK

 

Sudah siap dengan resep udang pilihan kamu?

 

Baca juga:

Bagian 'Buangan' Dari 7 Buah dan Sayur Yang Banyak Manfaatnya

Trik Menggoreng Ala Deep Fry Agar Crunchy Maksimal