Ini cara tahu apakah bumbu rempah dan dedaunan aromatik kamu masih bisa dipakai atau tidak. | SHUTTERSTOCK.

Amankah Pakai Rempah/Dedaunan Aromatik Kering Yang Sudah Lama Disimpan?

author
Marti
Senin, 14 Oktober 2019 | 15:59 WIB

Stok rempah dan dedaunan aromatik kering nggak habis-habis di rumah? Ini cara tahu apakah bumbu rempah dan dedaunan aromatik kering yang sudah lama disimpan masih aman dipakai atau tidak.

 

Bumbu rempah dan dedaunan aromatik dalam bentuk kering nggak bisa dilepaskan dari berbagai macam masakan. Meskipun pemakaiannya sedikit, tapi seringnya justru jadi kunci rasa dan aroma.

 

Sebut saja lada, ketumbar, pala, cengkeh, kayu manis atau batang vanila yang termasuk bumbu rempah. Atau basil, oregano, rosemary, peterseli, marjoram, sage, thyme atau bay leaves yang termasuk dalam dedaunan aromatik.

 

Selalu punya stok bumbu rempah dan dedaunan aromatik kering di rumah? Pernah bertanya-tanya, berapa lama bumbu itu bisa bertahan disimpan? Kalau kelamaan disimpan, kualitasnya apakah masih sama? Atau jangan-jangan malah sudah expired dan enggak akan dikonsumsi?

 

Tes rasa, warna dan aroma bumbu yang sudah lama disimpan sebelum dipakai. | SHUTTERSTOCK

 

Tidak Rusak, Tetapi…

 

Sesungguhnya, rempah dan dedaunan aromatik kering yang disimpan dengan baik tidak akan menjadi rusak. Hanya saja, tidak lagi memberikan rasa, warna dan aroma sekuat saat masih baru. Tiga unsur ini akan memudar seiring waktu.

 

Intinya, saat dipakai, rempah dan dedaunan ini tidak akan menyebabkan gangguan pada tubuh, tapi juga tidak memberikan perbedaan signifikan pada masakan kamu. Cek selalu aromanya sebelum dipakai, masih kuat atau tidak. Kalau tidak, lupakan saja.

 

Tentunya, ada beberapa syarat yang bikin bumbu rempah dan dedaunan aromatik kering ini bisa tahan lama. Simak di sini untuk penjelasan detail soal trik memilih, memakai, sampai menyimpan bumbu yang akan memperpanjang masa pakainya.

 

Nah, sebaik-baiknya cara pakai dan simpan, tetap ada durasi bertahannya rempah dan dedaunan kering kamu. Lihat di sini untuk lebih jelasnya durasi bertahan tiap rempah dan dedaunan aromatik.

 

Simak juga:

3 Cara Ini Bikin Rempah dan Dedaunan Aromatik Kering Tahan Lama Disimpan

Bentuk rempah berpengaruh ke daya tahannya. | SHUTTERSTOCK

Kenapa Avokad Bikin Perut Kita Kenyang Lebih Lama?

Avokad bisa bikin perut kenyang lebih lama. | SHUTTERSTOCK

Ternyata Nutrisi Tomat Lebih Tinggi Kalau Dimasak

Nutrisi Tomat Sesudah Dimasak Lebih Baik Dibanding Mentah | SHUTTERSTOCK