Roti Gambang Si Roti Jadul Yang Unik. | SHUTTERSTOCK

Roti Gambang, Si ‘Ganjel' Rel Kereta Yang Masuk 50 Roti Terbaik Di Dunia

author
Marti, Semy
Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:43 WIB

 

Bentuknya yang seperti bantalan rel kereta api membuatnya dapat julukan ‘ganjel rel’. Tapi ini jadi salah satu keunikan yang bikin roti gambang jadi salah satu roti terbaik di dunia.

 

 

Di Hari Roti Sedunia, 16 Oktober 2019 lalu, CNN merilis daftar 50 Roti Terbaik Di Dunia hasil kurasi mantan chef pastry terkenal, Jen Rose Smith. Salah satunya adalah roti gambang dari Indonesia.

 

Mungkin ini agak mengejutkan. Pasalnya roti gambang di Indonesia sendiri termasuk kue ‘jadul’ yang makin lama makin sulit ditemui. Cuma beberapa toko roti yang masih membuat roti ini.

 

 

 

Dari Betawi Sampai Semarang

 

Roti gambang ini sendiri berasal dari Betawi. Gambang diambil dari nama alat musik gambang kayu yang jadi salah satu alat musik di orkestra gambang kromong khas Betawi.

 

Tapi nggak hanya di Jakarta, roti gambang juga banyak ditemui di Semarang. Uniknya, di Semarang roti ini punya sebutan khas, yaitu ganjel rel, karena bentuknya yang mirip kayu pengganjal rel kereta api.

 

Bentuknya mirip bantalan rel kereta api, nih. | SHUTTERSTOCK

 

Rasanya dan Aromanya Khas

 

Baik roti gambang atau pun roti ganjel rel kereta ini sama-sama berwujud roti berwarna cokelat tua yang berasal dari gula merah, salah satu bahan utamanya.

 

Meskipun namanya roti, adonan gambang nggak memakai ragi. Ini membuat teksturnya keras dan padat. Banyak orang yang menyebutnya ‘bantet’

 

Kayumanis jadi salah satu bahan utama yang menyumbang aroma harum di roti gambang. Yang jadi kekhasan lainnya adalah taburan biji wijen di bagian atasnya.

 

Sebuah bakeri legendaris di Bogor dulu pernah membuat roti gambang dari roti sisa yang diadoni lagi. Ini bikin roti gambang justru jadi kaya rasa.

 

Masih ada yang belum mencicipi roti gambang?

 

Baca juga:

Sebelum Kupas Salak, Simak Dulu Cara Pilih Salak Yang Manis, Renyah dan Segar

Jangan lagi beli salak yan sepet, asam, kering atau malah busuk. | SHUTTERSTOCK

Ini Rumus Resep Dasar Smoothies Enak Buat Pemula

Smoothies yang enak butuh rumus resep dasar yang tepat. | SHUTTERSTOCK

Amankah Pakai Rempah/Dedaunan Aromatik Kering Yang Sudah Lama Disimpan?

Ini cara tahu apakah bumbu rempah dan dedaunan aromatik kamu masih bisa dipakai atau tidak. | SHUTTERSTOCK.