Ello Jello, gelas dari rumput laut dari Evoware Indonesia. | DOK. INSTAGRAM/ELLOJELLO.ID

5 Makanan Ini Bisa Dimakan Bersama Pembungkusnya!

author
Marti
Rabu, 18 Desember 2019 | 12:27 WIB

 

Kemasan makanan minim sampah makin dicari. Gimana kalau bikin bungkus makanan yang bisa dimakan sekalian? Cek makanan yang bisa dimakan bersama pembungkusnya ini.

 

Isu sampah makin santer. Orang-orang pun makin tertantang untuk bikin kemasan makanan yang minim sampah. Ya, setidaknya yang lebih ramah lingkungan dan gampang didaur ulang.

Tapi sejumlah brand nggak cuma menawarkan solusi minim sampah ini. Sebagian malah sudah ‘melompat’ dengan bikin kemasan pembungkus makanan yang bisa dimakan sekalian.

Mungkin pertanyaannya, memangnya orang akan benar-benar mengonsumsi pembungkus yang bisa dimakan ini? Bukannya pembungkus itu melindungi makanan dari kotoran? Yang artinya, pembungkus itu kotor.

Well, tidak semua yang 'edible' alias bisa dimakan itu harus dimakan. Tapi intinya, dengan kemasan yang bisa dimakan, artinya bahannya compostable alias gampang larut di tanah. Ini dia sebagian inovasi itu.

 

Bruxelwaffle: Kemasan Dari Rumput Laut

Bruxelwaffle memakai kemasan rumput laut dari Evoware. | DOK. BRUXELWAFFLE

 

Rumput laut jadi salah satu alternatif andalan untuk menggantikan kemasan plastik. Evoware, sebuah start up dari Indonesia, sudah menjalankan bisnis produksi kemasan dari rumput laut ini selama 3 tahun terakhir.

Produk awal Evoware yang viral adalah Ello Jello, gelas yang bisa dimakan. Waffle premium dari Belgia, Bruxelwaffle, adalah salah satu produk yang memakai kemasan dari Evoware.

Sampai saat ini, Evoware menerima permintaan kemasan aneka bentuk dari berbagai belahan dunia, 80%-nya dari Eropa dan Amerika. Nggak cuma menghasilkan produk ramah lingkungan, Evoware juga memberdayakan petani rumput laut dari Makasar untuk sumber bahan bakunya.

 

Ooho: Gelembung Air Ajaib

Yang satu ini mungkin sudah nggak asing lagi. Beritanya sudah ramai beberapa bulan lalu. Skipping Rocks Lab yang berbasis di London membuat kemasan air minum yang dibuat dari gelembung yang terbuat dari ganggang laut yang bisa dimakan.

Ooho, air dalam gelembung yang bisa dimakan. | DOK. OOHO

Teknologi ini memungkinkan proses pengemasan air yang otomatis terperangkap dalam gelembung. Sampai saat ini, air ini hanya bisa bertahan beberapa hari sejak pengemasan. Setelah airnya diminum, gelembungnya bisa jadi snack, deh!

 

Better Burger: Kertas Dari Pati Kentang

Gara-gara sebel melihat area resto kotor dengan sampah kemasan burgernya, pemilik kedai Better Burger di New Zealand bernama Rod Ballenden langsung bertekad bikin kemasan yang ramah lingkungan.

Pembungkus burger ini terbuat dari pati kentang. | DOK. BETTER BURGER

Tahun 2018, Rod memperkenalkan kemasan kertas yang bisa dimakan. Kertas pembungkus burger ini dibuat dari pati kentang. Meskipun cuma beredar saat hari Bumi, tapi ini bikin orang sadar kalau inovasi semacam ini mungkin dilakukan.

 

Bakeys: Sendoknya Aneka Rasa

Nggak jauh dari Indonesia, tepatnya India, sudah diciptakan sendok makanan yang juga bisa langsung dimakan. Bakeys membuat sendok dari tiga bahan saja yaitu tepung beras, gandum dan sorghum.

Sendok Bakeys rasanya bisa disesuaikan dengan makanannya. | DOK. LIVEKINDLY

Uniknya, rasa sendoknya bisa disesuaikan dengan rasa makanan yang akan disajikan bersama. Ada yang rasa seledri sampai jahe. Unik, kan?

 

Penasaran ya, gimana,rasanya?

 

Simak juga:

Terbuat Dari Apakah Daging ‘Palsu’ Yang Makin Menjamur?

Bola daging, produk awal dari Memphis Meat. | MEMPHISMEATS.COM

Ini Urutan Kemasan Pembungkus Makanan Terbaik Sampai Terburuk (Bagian 1)

Manakah Kemasan Pembungkus Makanan Terbaik? | SHUTTERSTOCK

Makan Sayur Segar Di Pesawat Bukan Hal Yang Mustahil Lagi, Ini Sebabnya!

Penampakan Kebun Dalam Ruang Yang Menyuplai Sayuran Segar di Pesawat. | dok. CNN