Makanan kaleng paling tepat untuk disetok. | SHUTTERSTOCK

Makanan Yang Wajib Disetok Untuk Kondisi Darurat

author
Marti
Jumat, 17 Januari 2020 | 16:20 WIB

 

Bencana alam mengintai. Dari banjir, gempa bumi, longsor, kebakaran sampai hujan badai. Sudah sering dibahas pentingnya kita menyiapkan emergency kit alias tas darurat yang tinggal kita angkat saat bencana terjadi. Nah, makanan jadi salah bagian penting dari emergency kit ini.

 

 

Saat bencana terjadi, kita cenderung makan apa adanya dan tidak pilih-pilih (lepas dari ketersediaan makanan yang terbatas). Padahal, bisa jadi kebutuhan akan energi kita saat bencana bisa jadi lebih tinggi. Entah itu dalam upaya menyelamatkan diri atau kondisi darurat lainnya.

Kalau saja kita lebih siap menghadapi bencana, kita bisa menyetok jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan energi ekstra ini meski dalam bentuk yang compact alias tidak menghabiskan banyak ruang. Ini dia jenis-jenis makanannya.

 

1. Biskuit Gandum

Biskuit gandum, salah satu sumber energi penting. | SHUTTERSTOCK

Biskuit adalah sumber karbo yang tepat sebagai pengganti nasi atau roti. Varian gandum yang masih mengandung butiran gandum nggak cuma membuat kita kenyang lebih lama tapi juga memenuhi kebutuhan serat.

 

2. Aneka Makanan Kaleng

Sayur, daging sampai buah bisa ditemukan dalam kemasan kaleng. | SHUTTERSTOCK

Makanan kalengan ini ada yang bisa langsung dimakan seperti buah-buahan kaleng atau juga yang harus melalui proses memasak yang nggak terlalu lama seperti kacang-kacangan, sayuran, saus, ikan, daging dan sup. Apa pun, kadar nutrisinya penting saat kita terkena bencana. Kemasannya yang aman membuatnya than lama dan cocok dijadikan stok tanpa takut terkontaminasi.

 

3. Selai Kacang

Selai kacang si sumber energi lezat. | SHUTTERSTOCK

Selai kacang mengandung lemak dan protein yang tinggi. Bisa dimakan bersama biskuit gandum. Setelah dibukan pun tidak perlu masuk ke dalam kulkas sehingga bisa tahan lebih lama di saat darurat.

 

4. Susu Bubuk

Sumber protein dan karbohidrat darurat bisa diambil dari susu bubuk. | SHUTTERSTOCK

Kalau biasa mengonsumsi susu cair, menyetok susu bubuk adalah pilihan tepat untuk kondisi darurat. Susu bubuk bisa tahan dalam waktu lama dan dikemas secara praktis. Selain menyumbang protein, susu bubuk juga mengandung karbohidrat (dari laktose), kalsium, potassium dan vitamin.

 

5. Sereal Instan & Mentah

Sesuaikan stok sereal dengan selera anggota keluarga. | SHUTTERSTOCK

Sereal juga adalah sumber energi yang penting. Sereal instan bisa langsung dimakan, penting saat kita nggak punya sumber daya untuk memasak. Semehtara sereal mentah ada yang cuma perlu air panas atau juga perlu dimasa di atas api. Tidak ada salahnya menyiapkan berbagai varian ini untuk menyesuaikan dengan kondisi darurat nanti.

 

6. Kacang-Kacangan & Buah Kering

Camilan sehat ini punya nutrisi tinggi, cocok untuk darurat. | SHUTTERSTOCK

Kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering adalah jenis makanan penuh nutrisi yang bisa bertahan dalam waktu lama. Selain punya kadar lemak tinggi, kalorinya juga tinggi sehingga bisa memberikan energi kita cukup saat harus bertahan saat bencana. Simpan kacang, biji dan buah kering ini dalam wadah hampa udara sehingga tahan lebih lama. Bisa juga dalam bentuk granola bar yang sudah ada tambahan rasa.

 

7. Vitamin

Saat bencana, kondisi tubuh jadi lebih rentan. Bukan cuma karena kondisi lingkungan yang kurang higienis (akibat banjir, gempa atau kebakaran). Kondisi mental kita juga bisa jadi rentan stres. Jadi nggak ada salahnya menyiapkan suplemen vitamin yang bisa menjaga tubuh agar setidaknya fit dan tidak gampang sakit.

 

Yuk, mulai bikin stok dari sekarang!

 

Simak juga:

Apakah Kulkas Yang Terendam Banjir Bisa Dipakai Lagi?

Kulkas yang terendam banjir masih bisa dipakai? | Peter Varga/SHUTTERSTOCK

Ini Yang Harus Dilakukan Pada Makanan Dalam Kulkas Saat Listrik Mati

Makanan di Freezer dan Luar Freezer Beda Lama Bertahannya Saat Kulkas Mati | SHUTTERSTOCK

5 Kuliner Eksotis Dari Skandinavia, Berani Coba?

Svið, kepala kambing yang direbus dengan bumbu minimal. | TASTEATLAS.COM