Wonton nggak cuma disantap dalam sup, digoreng juga bisa. | SHUTTERSTOCK

Khas Imlek, Ini 5 Jenis Dumpling Yang Paling Populer

author
Marti
Jumat, 24 Januari 2020 | 18:23 WIB

 

Dalam perayaan tahun baru Imlek, dumpling jadi simbol kemakmuran. Variasnya tidak terbatas, tapi ada 5 yang paling populer. Apa aja, tuh?

 

Dumpling adalah salah satu makanan khas Imlek. Dibuat dari adonan tepung (dan tambahan lain) yang kemudian diisi dengan ragam bahan. Bentuknya yang dibuat menyerupai ingots (mata uang kuno China) atau kantung uang jadi simbol kemakmuran di tahun baru.

Pada dasarnya, dalam masakan China ada dua jenis dumpling, yaitu gao (berbentuk bulan sabit) dan bao (berbentuk kantung uang). Dari dua jenis ini, tercipta variasi yang tidak terbatas, tergantung pada daerah, bahan dumpling, jenis isian, atau cara memasaknya (direbus, dikukus atau digoreng).

Nah, dari sekian banyak variasi yang tidak terbatas itu, ada 5 jenis dumpling yang paling populer dan paling sering kamu jumpai di resto dimsum.

 

1. Jiaozi (Dibaca Jow-zi)

Tipe dumpling yang paling populer. Bentuknya bulan sabit, dan isinya a dibuat dari daging (biasanya babi), kol dan bawang. Saus celupannya dibuat dari kecap asin, vinegar dan minyak wijen.

Jiaozi, jenis dumpling yang paling populer. | SHUTTERSTOCK

Saat direbus, namanya jadi shui jiao, dikukus jadi zheng jiao, dan kalau digoreng dengan sedikit minyak disebut guo tie atau jian jiao.

 

2. Siu Mai (Dibaca Shu-may)

Siomay ala China, begitu kata orang Indonesia (yang biasanya dibedakan dari siomay ala Bandung). Biasanya berbentuk keranjang bulat dengan bagian atas terbuka.

Shumai ditandai dengan topping khas yang menandai isinya. | SHUTTERSTOCK

Isi yang paling populer adalah daging babi cincang, udang, jamur, jahe dan bawang. Di Indonesia, variasi isinya sudah meluas jadi ayam, udang dan jamur. Di bagian atas biasanya diberi penanda sesuai isi seperti telur ikan, wortel atau kacang hijau.

 

3. Har Gao (Dibaca Ha-gow)

Dumpling yang satu ini terkenal dengan pembungkusnya yang lembut, elastis dan sedikit transparan karena ada tambahan bahan tepung tapioka. Bentuknya oval atau menyerupai bulan sabit.

Kulit transparan, salah satu ciri harg ao | SHUTTERSTOCK

Isinya adalah udang, rebung dan lemak babi (yang ketika dikukus akan meleleh dan membuat struktur kulitnya jadi solid).

 

4. Xiao Long Bao

Berbentuk kantung uang, xiao long bao diisi oleh cincangan daging babi (kadang ditambah kepiting) dan cincangan kolagen babi. Saat dikukus, kolagen ini akan meleleh jadi cairan kaldu yang gurih. Inilah kenapa xiao long bao sering disebut sebagai dumpling soup.

Dumpling soup, ada soup di dalam dumpling. | SHUTTERSTOCK

 

5. Wonton

Sebenarnya, ini adalah istilah yang lumayan umum. Tapi yang paling basic, wonton dibuat dari pembungkus tipis berbentuk segi empat, biasanya diisi daging babi atau udang cincang.

Wonton sup biasa disajikan sebagai appetizer. | SHUTTERSTOCK

Adonan kemudian dilipat dua, dibuat kantung dengan lipatan kecil atau pun diikat seperti kantung uang. Wonton biasanya direbus dan disajikan dalam sup berkaldu yang kaya rasa. Tapi nggak jarang juga yang digoreng garing seperti gambar utama di atas.

 

Sudah lapar, Cookiners? Mau cepat-cepat ke resto dimsum atau pilih masak sendiri di rumah?

 

Simak juga:

Video Resep Wonton Soup Ini Nggak Kalah Dari Yang Ada Di Resto China

Wonton Soup | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Kenapa Jeruk Jadi Salah Satu Buah Khas Imlek?

Tidak ada Imlek tanpa jeruk mandarin. | SHUTTERSTOCK

Ini Fakta Tentang Jeruk Mandarin Yang Katanya Lebih Enak Dari Jeruk Biasa

Apa benar jeruk mandarin lebih enak dari jeruk biasa? | SHUTTERSTOCK