Churros dengan isian dulce de leche dijual di kakilima Lima, Peru. | SHUTTERSTOCK

5 Fakta Churros, Si Camilan Yang Mirip Tanduk Kambing

author
Marti
Selasa, 25 Februari 2020 | 17:28 WIB

 

Penggembala kambing saja butuh camilan. Terciptalah churros, si camilan panjang khas yang namanya terinspirasi dari si kambing.

 

Camilan ini bentuknya khas. Batang panjang yang dicetak dari semacam spuit berujung bintang. Yang paling umum, setelah digoreng, churros dilumuri gula dan kayumanis. Tapi secara komersil, topping atau isiannya bisa bermacam-macam sesuai selera. Oh iya churros nggak cuma berbentuk batangan panjang, ada juga yang dibuat bulat.

Proses menggoremg churros di salah satu kedai churros di Kolombia. | SHUTTERSTOCK

Churros ini punya sejarah panjang ternyata, sejak abad 16. Tapi yang mengklaim jadi asalnya bukan cuma satu. Berikut fakta unik seputar churros yang perlu kamu tahu.

 

Makanan Penggembala Kambing

Churros dianggap makanan nasional Spanyol. Konon, dulunya ini adalah camilan para penggembala kambing di pegunungan Spanyol. Namanya saja diambil dari kata churro, jenis kambing yang mereka gembala. Nama ini dipakai karena camilan ini mirip banget dengan tanduk si kambing. Churros di jaman ini cuma dibuat dari tepung, air dan garam. Baru di jaman modern ditambah butter dan telur.

 

Dibawa Dari China

Tapi sejarah asal mula churros nggak cuma satu versi. Ada versi yang lain juga. Churros ini konon dibawa dari China. Makanan ini secara bentuk memang mirip dengan youtiau, meskipun youtiau rasanya lebih cenderung asin (mirip dengan cakwe di Indonesia). Dari China dibawa ke Portugal, barulah sampai Spanyol dan negara-negara lainnya.

Youtiau yang konon jadi asal mula churros versi dari China. | REDHOUSESPICE.COM
 

 

Menu Sarapan Favorit

Di Spanyol, churros biasa dimakan sebagai menu sarapan. Cara populer memakannya adalah menyelupkannya ke dalam cokelat kental. Ini konon sudah berlangsung sejak abad ke-16, masa cokelat mulai masuk ke benua Eropa. Toko yang khusus menjual churros disebut churrerias.

Churros khas Spanyol dengan celupan saus cokelat. | SHUTTERSTOCK

 

Celupan dan Taburan

Kalau di Spanyol lebih sering dicelup cokelat, maka churros punya ciri khas di negara-negara yang beda. Di Asia (termasuk Indonesia), banyak yang memakannya dengan ditabur brown sugar dan kayumanis.

 

Ada Yang Versi Isian

Di Meksiko dan Brazil, sering dicelup saus karamel atau dulce de leche. Di Kuba, banyak yang membuatnya dengan isian buah, seperti jambu biji (tentu saja cara membuat churros dengan isian ini beda dari churros yang standar). Di Nikaragua, isiannya adalah krim keju.

 

Yuklah, kita bikin churros!

 

Simak juga:

7 Cara Mengonsumsi Daun Kelor Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah

Daun kelor dalam telur gulung. | SHUTTERSTOCK

Ini Fakta Ilmiah Di Balik Terciptanya Makaron

Makaron, Kukis Cantik Yang Jadi Favorit. | SHUTTERSTOCK

Durasi dan Teknik Merebus Telur Ternyata Berpengaruh Ke Hasilnya

Soft-boiled egg ini bisa dicapai setelah merebus -5-6 menit. | SHUTTERSTOCK