Ogura Cake | SHUTTERSTOCK

Ogura Cake, Cake Lembut dan Ringan Yang Dibuat Tanpa Ogura

author
Marti
Kamis, 2 Juli 2020 | 16:34 WIB

 

Pakai nama ogura, tapi tidak pakai bahan ogura. Jadi, darimana nama ogura cake berasal? Simak asal-usul kata ogura di ogura cake berikut ini.

 

Mendengar nama ogura, pasti terlintas kacang merah. Lebih tepatnya, kacang merah yang sudah diberi gula dalam bentuk pasta. Ogura biasa kita temukan dalam makanan-makanan khas Jepang, Korea dan Jepang. Bisa sebagai isian, topping atau campuran.

Itulah kenapa ketika ogura cake mulai ramai jadi tren, yang ada dalam bayangan adalah cake dengan ogura sebagai salah satu bahannya. Tapi kenyataannya, ogura cake ini sama sekali tidak mengandung pasta kacang merah. Jadi dari mana asal nama ogura dalam ogura cake?

 

Cake Tanda Rindu

Trend ogura cake ini konon berasal dari suatu daerah bernama Batu Pahat di Malaysia. Seorang istri merindukan suaminya yang berkebangsaan Jepang bernama Ogura. Tapi yang ditunggu tidak kunjung kembali. Belakangan, baru diketahu kalau sang suami sudah meninggal. Hiks!

Sang istri pun membuat cake sebagai tanda rindunya kepada suami, dinamakan sesuai namanya, yaitu Ogura Cake. Di Tiongkok, ogura cake dengan konsep yang mirip dinamakan xiang xi dan gao yang artinya lovesick cake.

 

Au Bain Marie

Ogura cake ini lengkapnya bernama Ogura cotton cake atau ada juga yang menyebutnya Ogura jiggly cake. Ini berhubungan dengan teksturnya kue yang lembut, ringan tapi juga moist.

Memanggang cake dengan teknik au bain marie. | SHUTTERSTOCK

 

Agak mirip dengan chiffon cake sebenarnya, tapi saat dimakan terasa lebih moist. Sebabnya, ogura cake ini dioven dengan teknik au bain marie, yaitu loyang diletakkan di dalam loyang lain yang sudah diisi air hangat. Ini memungkinkan suhu panas pada loyang tidak terlalu ekstrim dan panasnya pun merata.

Penasaran mau biki ogura cake? Tunggu resep dan video ogura cake di Cookin.id, ya!

 

Simak juga:

Awas, Jamur Enoki Dari Korea Selatan Mengandung Bakteri Listeria

Jamur Enoki | SHUTTERSTOCK

Ini Bahan-Bahan Peach Gum Dessert Berikut Cara Mempersiapkannya

Ini dia bahan-bahan wajib dalam peach gum dessert. | SHUTTERSTOCK

Pancake Sereal Yang Cute Ini Bikinnya Memang Repot Tapi Layak Kamu Coba, Sih!

Pancake sereal bisa jadi alternatif kamu ngabisin waktu saat #DiRumahAja | SHUTTERSTOCK