Bread pudding, awalnya untuk memanfaatkan sisa roti. | SHUTTERSTOCK

Bread Pudding, Makanan Kelas Bawah Yang Naik Kelas

author
Marti
Jumat, 3 Juli 2020 | 17:09 WIB


Sejak kapan roti dijadikan puding? Ternyata umurnya sudah lebih lama dari yang dikira. Tidak kalah tua dari usia roti itu sendiri. Yuk, cari tahu soal asal mula bread puding, si puding roti.

 

Banyak makanan tercipta karena manusia berusaha sebisa mungkin memanfaatkan makanan yang mereka punya. Jadi meskipun kualitasnya sudah menurun, makanan tetap bisa diolah dan dikonsumsi sehingga tidak terbuang percuma.

Bread pudding salah satunya. Oleh para ahli sejarah makanan, puding roti tercatat sudah ada sejak abad ke-11 atau 12 di Inggris. Roti yang mulai kering dan mengeras (biasa disebuat stale bread) memang sudah tidak begitu enak. Jadilah, roti dimasak (dikukus atau dipanggang) bersama susu, telur, mentega dan pemanis. Jadi makanan yang benar-benar beda, kan?

 

Makanan Kelas Bawah Yang Naik Kelas

Di awal terciptanya, bread pudding identik dengan makanan kelas bawah di Inggris. Ya, pastinya karena memang kelas ini yang dikondisikan untuk selalu memanfaatkan setiap makanan. Tapi dalam perkembangannya, makanan ini makin disukai oleh berbagai lapisan masyarakat. Sekarang, nggak sedikit resto yang memasukkan bread pudding dalam menu mereka.

Karena tekstur dan rasanya yang khas, bread pudding juga dikenal sebagai comfort food. Coba bayangkan menyantap puding roti hangat yang lembut dan milky saat badan sedang tidak enak atau saat udara lagi dingin. Pasti langsung bikin bahagia.

 

Setup Roti Tawar

Di Indonesia sendiri, sebutan bread pudding nggak cuma terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia, yaitu puding roti. Banyak orang yang menyebutnya dengan nama setup roti tawar.

Tidak jelas asal mula kenapa namanya jadi setup roti tawar. Di dalam kamus besar Bahasa Indonesia sendiri, setup artinya adalah buah-buahan yang dikukus atau direbus dengan dibubuhi gula. Bisa jadi kemiripan metode memasak ini yang jadi asal nama setup roti tawar.

 

Kreasi Tak Terbatas

Satu alasan yang bikin bread pudding selalu jadi favorit adalah karena sifatnya yang sangat terbuka untuk dikreasikan. Bukan cuma roti tawar, roti jenis apa pun bisa digunakan, dari roti gandum sampai roti manis yang banyak beredar di Asia.

Begitu juga bahan tambahan yang bisa divariasikan ke dalamnya. Aneka buah seperti apel, kismis, dan keluarga berry, aneka saus manis atau sirop, berbagai rempah, sampai liquor beralkohol pun bisa ditambahkan kalau suka. Nggak heran kalau ada le ih dari 1000 variasi bread pudding yang bisa dibuat.

Penasaran ingin bikin bread pudding? Tunggu resepnya di cookin.id segera ya, Cookiners!

 

Simak juga:

Ogura Cake, Cake Lembut dan Ringan Yang Dibuat Tanpa Ogura

Ogura Cake | SHUTTERSTOCK

Awas, Jamur Enoki Dari Korea Selatan Mengandung Bakteri Listeria

Jamur Enoki | SHUTTERSTOCK

Ternyata, Ini Bahan dan Cara Membuat Meises

Meises cuma ada di Indonesia, Benarkah? | SHUTTERSTOCK