Pastry pun bisa ditaburi meises. | SHUTTERSTOCK

Ternyata, Ini Bahan dan Cara Membuat Meises

author
Marti
Rabu, 29 April 2020 | 18:32 WIB

 

Kehadiran meises selalu bikin bahagia. Tapi pernah cari tahu bagaimana proses pembuatan meises berikut bahannya? Ternyata, ini bahan dan cara membuat meises.

 

Meises bikin banyak kue tersulap jadi cantik dan pengin digigit. Kalau kamu suka baking, mustahil nggak punya stok meises di lemari. Dari yang cokelat sampai yang warna-warni selalu jadi andalan.

Tapi, pernah kamu bertanya-tanya, apa sih bahan untuk membuat meises? Dengan ukuran kecil dan jumlah sebanyak itu, bagaimana sih proses bikin meises? Yang pasti bukan kerjaan Smurf ya.

 

Meises Cokelat

Yuk, kita mulai dari meises cokelat. Bahan utamanya adalah pati jagung, gula tepung, lemak untuk melembutkan (bisa dalam bentuk minyak atau shortening) dan sedikit saja bubuk kakao untuk rasa cokelatnya.

Jadi, kalau kamu pikir meises cokelat itu terbuat dari cokelat saja, terbukti salah besar, Cookiners.

Jangan ketipu dengan meises cokelat yang bukan seluruhnya cokelat. | SHUTTERSTOCK

 

Meisis Warna-Warni

Meises warna pelangi punya bahan dasar yang sama yaitu pati jagung, gula tepung dan lemak. Tapi tanpa bubuk kakao yang memberi rasa cokelat.

Penggantinya adalah aneka pewarna dan semacam wax untuk melindungi supaya warna meises tidak luntur di kemasannya. Meises pelangi tidak diberikan tambahan perasa apa-apa lagi.

 

Proses Sederhana

Dan untuk proses bikinnya, karena skalanya sudah besar, maka yang digunakan adalah mesin-mesin ukuran besar. Pertama, gula dan pati jagung diaduk bersama lemak yang sudah dicampur air hingga jadi gumpalan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat di video berikut.

 

Gumpalan ini kemudian diberi bubuk kakao atau pewarna. Selanjutnya, adonan dikeringkan sambil dicetak berbentuk silinder mini panjang, Proses terakhir adalah memasukkannya dalam bola putaran yang memotong meises jadi ukuran kecil. Saat diputar, meises disemprotkan wax dan juga air gula supaya mengilat.

Sederhana kan, bikinnya?

 

Simak juga:

Ini 5 Nama Lain Meises Di Berbagai Negara

Meises cuma ada di Indonesia, Benarkah? | SHUTTERSTOCK

Alasan Kenapa Kayu Adalah Bahan Talenan Terbaik

Kenapa talenan kayu adalah yang terbaik? | SHUTTERSTOCK

Fakta Capcay, Makanan Pengemis Yang Jadi Favorit Di Amerika

Sudah ada 10 sayuran di capcay ini? | SHUTTERSTOCK