Ampas kopi bisa dimanfaatkan | Shutterstock

Lima Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Kamu Tahu

author
Ruth Sinambela
Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:50 WIB

Kalo Cookiners suka ngopi, dan biasanya ampas kopi langsung dibuang begitu saja, wajib banget baca artikel ini sampai akhir. Cookin mau kasih tahu kalau ampas kopi bisa dipakai lagi lho, untuk hal-hal bermanfaat. Nah, berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkan ampas kopi. Selain bisa bikin kalian jadi lebih hemat, hal kecil ini juga bisa dibilang adalah satu aksi nyata Cookiners mengurangi sampah rumah tangga.

Baca juga: 4 Variasi Dalgona Selain Kopi Buat Kamu Yang Cuma Bisa #DiRumahAja

 

1. Sebagai “pupuk” alami yang menyuburkan tanah

Karena di dalam kopi terdapat kandungan potassium, tembaga, fosfor, dan magnesium. Semuanya diperlukan untuk menutrisi tanah. So, ampas kopi bisa banget jadi alternatif pupuk alami. Sebelum dicampur ke tanah, keringkan dulu ya ampas kopinya. Abis itu, tinggal ditabur deh, di atas media tanam, berbagai tanaman. Kerennya lagi, ampas kopi juga bisa mencegah datangnya hama lho.

2. Jadi penyerap bau di kulkas

Gak heran dengan kemampuannya yang satu ini, karena kopi memang sudah terkenal dengan aromanya yang khas, enak dihirup, dan bisa dibilang cukup kuat. Bahkan setelah jadi ampas. Cara memanfaatkan ampas kopi untuk menghilangkan bau di kulkas juga gampang banget. Tinggal taruh di dalam wadah kaca, dan letakan di dalam kulkas. Kamu juga bisa lakukan cara yang sama untuk menghilangkan bau di wastafel atau kamar mandi, Cookiners.

3. Jadi masker kulit wajah

Oleskan ampas kopi di kulit wajah, diamkan 10 menit, bilas hingga bersih. Kopi mengandung vitamin C dan zat bermanfaat lainnya yang mampu menjaga kesehatan kulit. Manfaat kopi untuk kecantikan sudah diketahui sejak lama kok, Cookiners. Makanya banyak produk masker, scrub, sabun pembersih, juga lotion yang mengandung kopi kan di pasaran?

Baca juga: Pencinta Kopi, Wajib Tahu 7 Jenis Kopi Di Indonesia Ini

 

4. Bermanfaat untuk rambut

Nggak cuma untuk kulit wajah lho, Cookiners. Ampas kopi juga bermanfaat untuk menguatkan dan memperbaiki warna alami rambut. Kandungan kafein pada kopi dapat mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan, sedangkan warna hitamnya bisa bikin rambut makin hitam bersinar.

5. Sebagai pembersih alat dapur

Teksturnya yang kasar membuatnya mampu membersihkan noda membandel pada alat dapur. Cookiners bisa memanfaatkan ampas kopi untuk menghilangkan kerak pada bagian bawah wajan atau panci. Bersih dan terbukti efektif menghilangkan bau amis yang tertinggal dari proses memasak.

Gimana, setelah membaca artikel ini, jadi semangat ngopi, dan mau mulai memanfaatkan ampasnya kan?

Baca juga: Kopi Bisa Bikin Perceraian dan 9 Fakta Unik Kopi Lain