Kuliner enak sekaligus tempat nongkrong asyik. | Shutterstock

Nggak Cuma Viral, 7 Rekomendasi Kuliner di Blok M Ini Dijamin Enak!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 6 Juni 2024 | 10:00 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Saat menjelajahi kawasan Blok M, Jakarta Selatan, rasanya tak lengkap jika tak mencicipi aneka kuliner yang banyak tersedia di sana. Nah, biar nggak bingung, ini 7 rekomendasi kuliner enak dan lagi hits di Blok M, yang bisa Cookiners coba.

Bicara soal wisata kuliner, bisa dibilang kawasan Blok M menjadi salah satu wilayah yang wajib dikunjungi. Hampir semua makanan dan minuman, mulai dari yang tradisional hingga kekinian dan yang sedang viral, bisa Cookiners temui di Blok M. Nggak heran, Blok M pun menjadi tempat nongkrong anak muda dan juga keluarga.

Apalagi dari sisi aksesibilitas, Blok M termasuk mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum karena terdapat terminal dan juga stasiun MRT. 

Jika selama ini Cookiners sudah sering mendengar atau bahkan sudah mencoba kuliner legendaris di Blok M, seperti gulai tikungan (gultik) Pak Agus Budi, sate RSPP, atau lesehan Bu Gendut Blok M Square, mungkin ini saatnya Cookiners mencoba kuliner seru yang lebih kekinian.

Ini 7 rekomendasi kuliner seru yang kekinian, yang bisa Cookiners coba.

1.Em Gelato

| IG @Em.gelato

Gelato adalah es krim khas dari Italia yang memiliki tekstur lebih lembut dan padat dibanding es krim biasanya. Di dekat stasiun MRT Blok M, tepatnya di seberang taman Literasi, terdapat toko gelato yang sedang populer, bernama Em gelato. 

Di sini Cookiners bisa mencoba berbagai rasa gelato, seperti matcha brownies, salted butter caramel, hazelnut cremino, pistachio, bacio, strawberry sorbet, lemon milk, triple chocolate, hingga blueberry yoghurt. Menu ini akan berganti setiap minggu agar pelanggan tidak bosan.

Baca juga: Tren Kopi Topping Daun Bawang “Scallion Latte” di Cina, Cookiners Berani Coba?

Mereka juga memberikan pilihan penyajian gelato dengan waffle cone atau paper cup. Agar lebih terasa sensasinya, Cookin menyarankan Cookiners memilih gelato dengan waffle cone, karena waffle cone yang renyah akan melengkapi rasa gelato yang manis.

Sayangnya, toko gelato ini tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu banyak menyediakan meja dan kursi. Tapi ketika Cookiners sudah duduk di sini, dijamin akan betah betah berlama-lama karena dekorasinya yang modern dengan mural-mural berwarna cerah sehingga memberi kesan kreatif dan energik.

Range harga: Rp38.000 - Rp53.000

Jam buka: Senin - Kamis: 10.00 - 22.00 WIB

                  Sabtu - Minggu: 08.00 - 24.00 WIB 

Instagram: @Em.gelato

Alamat: Jl. Sultan Hasanudin Dalam no.3, Melawai, Blok M.

2.Kedai Rukun Yakarta

| IG @kedairukun.ykt

Buat Cookiners yang kangen masakan khas Yogyakarta, makan di Kedai Rukun Yakarta mungkin bisa sedikit mengobati. Kedai ini terletak di basement Blok M Square. Meski tidak terlalu besar namun pengunjungnya selalu ramai. Saking ramainya, antrean akan distop sampai orang ke-25 karena khawatir akan terlalu lama menunggu dan makanan telah habis.

Tak heran sih, karena banyak yang penasaran mencoba menu-menu khas masakan Jawa seperti garang asem, mangut lele, oseng mercon sosdor, ndog kriwil, sayur lodeh, godong singkong, dan oseng kikil. Mereka pun menjamin rasa masakannya sama dengan Kedai Rukun pusat yang ada di Yogyakarta. Bahkan ada 2 menu yang masih dimasak di Yogyakarta lalu dikirim ke Jakarta, yaitu brongkos dan bakmoy ayam (nasi dengan tambahan topping ayam, tahu, dan telur rebus yang dibumbui kecap serta kuah kaldu bening yang disajikan terpisah).

Range harga: Rp5.000 - Rp28.000

Jam buka: Selasa - Minggu: 11.00 - 20.30 WIB

Instagram: @kedairukun.ykt

Alamat: Pujasera Blok M Square, Lantai basement, Jl. Melawai Raya, Blok M

Baca juga: 10 Festival Kuliner Dunia Paling Gila-gilaan

3.Pasta by The Park

| IG @pastabythepark

Jika makan pasta di piring sudah terlalu biasa, Cookiners bisa mencoba makan pasta yang disajikan dalam wadah berbentuk seperti cone di Pasta by The Park. Ide kemasan pasta dalam wadah cone disebut terinspirasi dari kemasan pasta yang ada di New York sehingga memungkinkan pelanggan memakannya sambil menikmati suasana taman. Memang kebetulan outlet Pasta by The Park ini didesain menyatu dengan area Taman Literasi Martha Tiahahu, Blok M.

Selain disajikan dengan unik, rasa aneka makanan di sini juga tak kalah nikmat, seperti spaghetti aglio olio, tiramisu shake, penne pollo pesto, supreme fettuccine carbonara, tiramisu classico, truffle parmesan fries, dan masih banyak lagi.

Range harga: Rp75.000 - Rp100.000

Jam buka: Senin - Minggu: 10.00 - 21.00 WIB

Instagram: @pastabythepark

Alamat: Taman Literasi Martha Tiahahu, Jl Sisingamangaraja, Melawai, Blok M.

4.Es Teler Djayantie

| IG @esteler.djayantie

Es teler adalah jenis minuman yang sudah ada sejak dulu. Namun minuman ini kembali populer dan banyak disukai anak muda lantaran Es teler Djayantie menawarkan varian rasa yang baru dan kekinian, alpukat dan durian dengan ukuran jumbo. 

Es teler Djayantie juga terkenal karena topping-nya yang banyak, kurang lebih ada 10 topping dalam satu cup, mulai dari gula aren, cendol hitam, pepaya, nangka, sago mutiara, selasih, nata de coco, susu bubuk, kacang caramel, dan kental manis.

Range harga: Rp20.000 - Rp28.000

Jam buka: Senin - Minggu: 10.30 - 18.00 WIB

Instagram: @esteler.djayantie

Alamat: Kulineria Pujasera Melawai, Jl Melawai XIII no.3, Blok M

Baca juga: 5 Kuliner Eksotis Dari Skandinavia, Berani Coba?

5.O O Donut

| IG @oo_donut

O O Donut bukan hanya menjanjikan rasa donat yang lembut karena terbuat dari labu, tetapi juga varian rasa yang kekinian dan tampilan yang estetik. Nggak heran, ketika pertama kali buka, O O Donut langsut viral, dan pelanggan bahkan harus rela antre selama 1,5 jam untuk mencicipinya.

Karena terbuat dari labu, O O Donut warnanya kuning oranye, teksturnya sangat lembut dan moist dengan filling melimpah. Tersedia 12 varian yang bisa Cookiners pilih, seperti original, pistachio, salted matcha, grilled strawberry & chocolate, curry meat & potato, cheese donut, dan masih banyak lagi.

Selain rasanya enak, O O Donut juga menawarkan toko dengan desain estetik seperti toko-toko roti yang ada di Korea. 

Range harga: Rp12.000 - Rp26.000

Jam buka: Senin - Minggu: 14.00 - 21.00 WIB

Instagram: @oo_donut

Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin Dalam no.3, Blok M

6.Toko Kami Makmur

| IG @tokokamimakmur

Toko Kami Makmur menyediakan kuliner China peranakan dengan suasana yang dibangun seperti kaki lima di Singapura. Harganya pun terbilang murah, seperti namanya Makmur, yang merupakan singkatan dari makan murah.

Di sini Cookiners harus mencoba menu andalannya, mi keriting ayam pangsit, dengan mi yang dibuat garing seperti mi oriental kebanyakan. Selain itu juga ada pilihan nasi Lemakmur, buchin (bubur Chinese), pangsit chili, kotie, dan kaya toast (roti gandum panggang renyah dengan lapisan butter dan selai srikaya, resep original Toko Kami Makmur).

Range harga: Rp25.000 - Rp38.000

Jam buka: Senin - Minggu: 12.00 - 23.00 WIB

Instagram: @kamimakmur

Alamat: Melawai Plaza lt.1, Jl. Melawai Raya no.13, Blok M

7.Maiku Cafe

| IG @maikutiramisu

Maiku cafe menjadi viral karena tiramisunya yang super enak. Maiku awalnya berjualan secara online di media sosial, kemudian membuka kafe pada April 2024 dan langsung viral.

Baca juga: Si Manis Tiramisu, Awalnya Makanan Afrodisiak di Pusat Hiburan Malam

Tiramisu Maiku lembut serta fluffy, dengan perpaduan rasa kopi dan manis yang pas. Selain tiramisu, Maiku cafe juga menyediakan aneka sandwich, toast, dan brownies. Dengan suasana cafe yang cozy dan makanan yang lezat, dijamin membuat Cookiners betah berlama-lama di sini.

Range harga: Rp65.000 Rp75.000

Jam buka: Senin - Minggu: 10.00 - 22.00 WIB

Instagram: @maikutiramisu

Alamat: Jl. Melawai 6 no.19, Blok M

 

Wah, rasanya nggak ada habisnya kulineran di sekitar Blok M! Mana yang mau Cookiners coba duluan?

 

Sumber:

https://www.nibble.id/tempat-makan-blok-m/#google_vignette

https://www.froyonion.com/news/food/kedai-rukun-yakarta-nikmatnya-santap-kuliner-khas-jogja-di-tengah-tengah-ibukota

https://www.carikulinerindonesia.com/#15292920#es-teler-djayantie-blok-m-melawai

https://pergikuliner.com/restaurants/jakarta/oo-donut-melawai/reviews/4961770235

https://wisata.app/diary/maiku-cafe-blok-m-tiramisu