Yoshinoya meluncurkan menu mi pertamanya, Gyutama Stamina Mazesoba. | YOSHINOYA

Bukan Cuma Gyudon, Yoshinoya Kini Luncurkan Menu Mi Pertamanya

author
Dini Adica
Senin, 7 Juli 2025 | 13:15 WIB

Yoshinoya sepertinya identik dengan menu gyudon atau beef bowl. Mangkuk nasi dengan irisan tipis daging sapi dan bawang bombay itu memang sudah jadi ikon banget. Bahkan orang Jepang sering menyebut resto cepat saji itu “Yoshigyu”, gabungan dari Yoshinoya dan Gyudon.

Buat kamu yang suka banget dengan menu-menu Yoshinoya, kabar ini pasti akan bikin kamu happy. Untuk kali pertama, Yoshinoya akan menjual menu-menu mi! Padahal, selama ini mereka sudah punya bisnis mi juga lewat anak perusahaan lain, seperti Hanamaru (udon) serta Ramen Bari-Uma dan Setagaya (ramen).

Menu baru yang dirilis mulai 4 Juli 2025 ini disebut Gyutama Stamina Mazesoba. Secara harfiah, mazesoba artinya mi soba yang diaduk. Soba biasanya merujuk pada mi soba dari buckwheat (sorgum)tapi menu baru Yoshinoya ini lebih ke arah mi ramen.

Baca juga: Apa Beda Sherbet dan Sorbet, Menu Dessert Hasil Kolab Sydney Sweeney dan Baskin-Robbins?

Mazesoba sendiri adalah mi kering tanpa kuah, yang biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti daging sapi, bawang bombay, telur, dan daun bawang. Sebelum dimakan, semuanya diaduk biar saus bawang putih dan bahan-bahannya nyatu.

Versi Yoshinoya ini memakai mi dingin yang dibilas air, dikasih topping irisan daging sapi (yang biasa ada di gyudon), ditambah irisan bawang putih, daun bawang, serpihan tempura (tenkasu), dan telur. Yang bikin beda lagi, ada saus pedas bawang putih kental yang disajikan terpisah, jadi kita bisa atur sendiri mau seberapa level pedasnya.

Kombinasi daging, bawang, telur, dan gorengan itu membuat menu ini gurih dan mengenyangkan. Apalagi di musim panas biasanya bawang putih dipercaya bisa membantu meningkatkan stamina. Dari situlah asal mula nama Stamina Mazesoba.

Harga seporsi mazesoba ini 767 yen (sekitar Rp85.000), dan akan tersedia di sekitar 1.250 gerai Yoshinoya di Jepang. Sayangnya, menu ini hanya tersedia sampai sekitar akhir Agustus saja. Target mereka adalah menjual dua juta porsi selama periode tersebut.

Baca juga: 7 Kesalahan Saat Membuat Pancake yang Bikin Hasilnya Bantat atau Gosong

Yoshinoya saat ini merupakan salah satu resto beef bowl paling tua dan paling terkenal di Jepang. Tidak heran, banyak orang yang terkejut ketika restoran ini menambahkan mi ke dalam menunya untuk kali pertama dalam 125 tahun.

Nah, alasan di balik peluncuran mi ini juga menarik. Ternyata, Yoshinoya sedang berusaha memperluas pasar. Selama ini pelanggan utama mereka adalah pria usia 30-an ke atas. Sementara, pelanggan perempuan masih kurang dari 30%. Dengan menghadirkan menu baru seperti mi, mereka berharap bisa menarik perhatian perempuan dan juga keluarga.

Menurut Presiden Yoshinoya, Tetsuya Naruse, menambah variasi menu bisa menarik lebih banyak orang. Ia juga menegaskan bahwa keputusan ini bukan karena harga beras naik dua kali lipat setahun terakhir, melainkan untuk lebih memperkaya pilihan pelanggan.

Jadi, kalau kamu nanti lagi liburan musim panas di Jepang dan ingin mencoba Yoshinoya versi yang berbeda, coba menu baru Gyutama Stamina Mazesoba ini. Siapa tahu jadi favorit baru selain gyudon!

Sumber: Asianews, Soranews24