Meises cuma ada di Indonesia, Benarkah? | SHUTTERSTOCK

Ini 5 Nama Lain Meises Di Berbagai Negara

author
Marti
Selasa, 28 April 2020 | 16:26 WIB

 

 

Istilah meises cuma ada di Indonesia. Orang-orang di 5 negara ini menyebut meises dengan nama yang beda. Ini dia 5 nama lain meises di berbagai negara.

 

Meises nggak bisa dipisahkan dari budaya camilan di Indonesia. Dari yang awalnya jadi taburan roti tawar yang dioles mentega hingga jadi topping donat, martabak, cake, kukis, cupcake, muffin, es krim sampai minuman kopi dan teh kekinian.

Meises cokelat yang awalnya populer, mentega/margarin dioleskan ke roti supaya meises menempel. | SHUTTERSTOCK

 

Tapi nama meises cuma dikenal di Indonesia, lho. Dalam bahasa Inggris, meises dikenal dengan nama umum sprinkles. Tapi ini berlaku buat aneka bentuk, nggak hanya panjang silinder seperti meises yang kita biasa kenal. Mau tahu bagaimana orang di 5 negara lain menyebut meises?

 

Sprinkles, istilah umum untuk taburan aneka bentuk dalam bahasa Inggris. | SHUTTERSTOCK

 

Hagelslag Di Belanda

Tahun 1913, pabrik cokelat Erven H. de Jong di Belanda mulai memproduksi cokelat meises, dengan nama hagelslag. Nah, variasi hagelslag dengan berbagai rasa buah dinamakan muisjes. Anehnya, istilah muisjes ini yang justru sampai ke Indonesia, yang kemudian jadi meises yang identik dengan warna cokelat.

Hagelslag di atas roti panggan bulat yang cantik. | SHUTTERSTOCK

 

Muizenstrontjes di Belgia

Dalam bahasa Belanda sendiri, muisje artinya tikus kecil. Apa hubungannya tikus kecil dengan butiran meises cokelat? Nah, ini kayaknya perlu menyorot meises dalam bahasa Belgia, yaitu muizenstrontjes yang artinya kotoran tikus kecil. Hmmm, jadi tahu, kan sekarang hubungannya?

 

Nonpareils di Prancis

Belanda boleh menyempurnakan meisis tahun 1913-an, tapi meises pertama kali ditemukan oleh para pembuat roti di Prancis pada abad 18. Namanya nonpareils, kalo diterjemahkan jadi non parallel, alias nggak ada tandingannya kalau ditambahkan ke atas kue dan cokelat.

Nonpareils membalut cokelat keping. | SHUTTERSTOCK
 

Hundreds and Thousands di Inggris

Karena jumlah meises banyak dan nggak terhitung, orang Inggris menyebut meises dengan makna yang literal banget, yaitu hundreds and thousands. Ini juga jadi semacam idiom untuk menyebut sesuatu yang nggak terhitung saking banyaknya.

 

Jimmies Di Amerika

Nah, ini punya sejarah lumayan panjang. Meski sudah ada sejak tahun 1930-an, jimmies konon berasal dari Yayasan Jimmy Fund yang didirikan tahun 1948. Tujuannya membantu anak-anak penderita kanker di Boston. Nama Jimmy pun berasal dari salah satu pasien kanker.

Salah satu kerabat dokter yang jadi pendirinya membuka sebuah kedai es krim. Ia menambah harga 1 penny buat yang ingin tambahan meises cokelat sebagai topping es krim, yang kemudian didonasikan ke yayasan Jimmy. Sejak itulah, meises dikenal dengan nama jimmies.

 

Dari butiran meises yang remeh temeh, ternyata banyak cerita uniknya ya, Cookiners!

 

 

Simak juga:

Fakta Capcay, Makanan Pengemis Yang Jadi Favorit Di Amerika

Sudah ada 10 sayuran di capcay ini? | SHUTTERSTOCK

5 Alasan Kamu Gagal Bikin Kopi Dalgona

Jangan mau gagal lagi bikin kopi Dalgona. | SHUTTERSTOCK

Bumbu Instan Basah Vs Bumbu Instan Kering, Pilih Yang Mana?

Pilih mana, bumbu instan bubuk atau pasta? | SHUTTERSTOCK